Pengertian dan Macam-macam Benda Pemuas Kebutuhan

Posted by

Benda Pemuas Kebutuhan - Sebelumnya kita telah membahas Pengertian serta Definisi Kebutuhan serta Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kali ini, kita akan membahas mengenai Pengertian Benda Pemuas Kebutuhan serta apa saja benda-benda pemuas kebutuhan tersebut.





1. Pengertian Benda Pemuas Kebutuhan

Benda pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan manusia, baik berupa barang (goods) maupun jasa (service)

Makanan, minuman, pakaian, rumah, kendaraan, dan sebagainya merupakan benda kebutuhan manusia yang berupa barang. Sementara dokter, pengacara, tukang cukur, akuntan, guru, arsitek, sopir dan lainnya menyediakan kebutuhan berupa jasa bagi para penggunanya. Dari contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa barang merupakan benda pemuas kebutuhan yang berwujud, sementara jasa merupakan benda pemuas kebutuhan yang tidak berwujud.



2. Macam-macam Benda Pemuas Kebutuhan
Semakin kompleksnya kebutuhan manusia, diimbangi dengan keragaman benda pemuas kebutuhan. Macam-macam benda pemuas kebutuhan yang beragam dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

A. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Cara Memperoleh
Benda pemuas kebutuhan menurut cara memperoleh merupakan benda pemuas kebutuhan yang dibedakan berdasarkan kadar pengorbanan yang kita keluarkan. Benda pemuas kebutuhan menurut cara memperoleh antara lain:
a. Benda Ekonomi
Benda ekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Jadi, untuk mendapatkan benda ekonomi diperlukan pengorbanan yang besarnya biasanya sesuai dengan jumlah yang beredar. Benda ekonomi ini biasanya berupa barang-barang kebutuhan primer dan sekunder.
b. Benda Bebas
Benda bebas adalah benda yang jumlahnya sangat banyak dan disediakan oleh alam serta tidak memerlukan pengorbanan untuk mendapatkannya. Contoh dari benda bebas misalnya adalah air, udara, cahaya matahari dan udara. Namun, benda bebas ini bisa menjadi benda ekonomi jika jumlahnya menjadi terbatas. Misalnya air bersih ditempat yang memiliki sumber air yang bersih dan melimpah, maka air tersebut menjadi benda bebas. Namun jika di kota dimana air bersih sulit didapatkan, maka air bersih akan berubah menjadi benda ekonomi, yang dijual melalui jasa Perusahaan Air Minum atau tukang air keliling.

B. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kegunaan
Benda pemuas kebutuhan menurut kegunaan merupakan benda pemuas yang dipilah menurut bagaimaa cara kita menggunakan atau memakainya. Benda pemuas kebutuhan menurut kegunaan dapat dibedakan menjadi:
a. Benda Konsumsi
Benda konsumsi merupakan benda pemuas kebutuhan yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa perlu di olah lagi. Contoh benda konsumsi antara lain buah-buahan, roti, pakaian, sepatu dan sebagainya. Karena benda konsumsi bisa langsung digunakan, maka sering juga disebut sebagai benda siap pakai.
b. Benda Produksi
Benda produksi merupakan benda pemuas kebutuhan yang digunakan dalam proses produksi. Benda produksi sering disebut sebagai barang modal, yaitu benda yang digunakan untuk memproduksi benda lain. Contoh benda produksi adalah mesin-mesin pembuat barang kebutuhan.




C. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Proses Pembuatannya
Benda pemuas kebutuhan menurut proses pembuatannya dibedakan berdasarkan bagaimana keadaan benda yang bersangkutan dalam sebuah proses produksi.
a. Bahan Mentah (Bahan Baku)
Bahan mentah merupakan barang yang belum diolah atau belum mengalami proses produksi dan merupakan bahan dasar dari suatu benda pemuas kebutuhan nantinya. Bahan mentah sangat beragam, mulai dari hasil hutan (kayu, rotan dan damar), hasil pertanian (padi dan palawija), hasil perkebunan (sawit, kopi, teh, tembakau) juga barang tambang (minyak, batu bara, nikel).
b. Barang Setengah Jadi
Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah mengalami proses produksi namun belum menjadi barang siap pakai. Barang setengah jadi berasal dari barang mentah yang mengalami proses produksi hingga ke tingkat tertentu. Contoh barang setengah jadi antara lain benang untuk industri tekstil, kopra untuk industri minyak goreng, kulit untuk industri sepatu dan tas.
c. Barang Jadi
Barang jadi adalah barang yang sudah di olah atau sudah melalui proses produksi tingkat akhir sehingga siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan. Contoh barang jadi antara lain mobil, sepeda motor, tas, sepatu, baju, buah kalengan dan sebagainya.

D. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Hubungan dengan Benda Lain
Benda pemuas kebutuhan menurut hubungan dengan benda lain dibedakan berdasarkan bagaimana peranan suatu benda terhadap benda lainnya.
a. Benda Komplementer
Benda komplementer adalah benda pemuas kebutuhan yang memiliki daya guna atau dapat dirasakan manfaatnya jika digunakan bersama dengan benda pemuas kebutuhan yang lain, dimana jika kedua benda tersebut dipakai bersama maka akan memberikan manfaat yang lebih besar. Sebagai contoh, kopi akan terasa nikmat jika diseduh bersamaan dengan gula, bensin dibutuhkan motor agar dapat berjalan, dan sebagainya.
b. Benda Subtitusi
Benda subtitusi adalah benda pemuas kebutuhan yang saling menggantikan satu sama lain, dimana pemakaian suatu benda pemuas kebutuhan dapat menggantikan pemakaian benda pemuas kebutuhan lainnya. Contohnya adalah kopi bisa diganti dengan teh, beras bisa diganti dengan singkong atau jagung, jasa bis bisa diganti dengan jasa kereta api, dan sebagainya.


Semoga bermanfaat...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:48 PM

0 comments:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free