Definisi Komunitas dan Keperawatan Komunitas

Posted by


Komunitas dan Keperawatan Komunitas -  Setelah penjelasan mengenai Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat, kali ini kita akan membahas definisi komunitas dan keperawatan komunitas.
Untuk mengetahui dengan jelas apa itu keperawatan Komunitas, maka kita harus mengetahui definisi atau pengertian komunitas dan keperawatan komunitas. Keperawatan komunitas telah banyak didefinisikan oleh para ahli dari berbagai sudut pandang.




Definisi Komunitas

Definisi komunitas oleh para ahli dari berbagai sudut pandang adalah sebagai berikut:
1. World Health Organization – WHO (1974)
Menurut WHO, komunitas merupakan kelompok sosial yang ditentukan oleh batas-batas wilayah, nilai-nilai keyakina dan minat yang sama, serta adanya saling mengenal dan interaksi antara anggota masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

2. Spradley (1985)
Menurut Spradley, komunitas merupakan sekumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting dalam hidupnya.

3. Koentjaraningrat (1990)
Menurut Koentjaraningrat, komunitas merupakan suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan yang berinteraksi menurut suatu sistem adat-istiadat serta terikat oleh suatu rasa identitas dalam komunitas.

4. Sounders (1991)
Menurut Sounders, komunitas merupakan tempat atau kumpulan orang-orang atau sistem sosial.

5. Wahit (2005)
Menurut Wahit, komunitas merupakan sekelompok individu yang tinggal pada wilayah tertentu, memiliki nilai-nilai keyakinan dan minat yang relatif sama, serta adanya interaksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.



Definisi Keperawatan

Berikut ini adalah beberapa definisi keperawatan komunitas yag dikemukakan oleh beberapa ahli, antara lain:
1. American Nursing Association (1973)
Menurut American Nursing Association, keperawatan komunitas adalah suatu sintetis dari praktik keperawatan dan praktik kesehatan masyarakat yang diterapkan untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan penduduk.

2. World Health Organization – WHO (1974)
Menurut WHO, keperawatan komunitas mencakup perawatan kesehatan keluarga (nurse health family) dan juga meliputi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat luas, membantu masyarakat mengidentifikasikan masalah kesehatannya sendiri, serta memecahkan masalah kesehatan tersebut sesuai dengan kemampuan yang ada pada mereka sebelum mereka meminta bantuan kepada orang lain.

3. Ruth B. Freeman (1981)
Menurut Ruth B. Freeman, keperawatan komunitas adalah kesatuan yang unik dari praktik keperawatan dan kesehatan yang ditujukan kepada pengembangan dan peningkatan kemampuan kesehatan baik diri sendiri sebagai perorangan maupun secara kolektif sebagai keluarga, kelompok khusus, atau masyarakat dan pelayanan tersebut mencakup spektrum pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

4. Departemen Kesehatan RI (1986)
Menurut Departemen Kesehatan RI, keperawatan kesehatan masyarakat adalah suatu upaya pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh perawat dengan mengikutsertakan tim kesehatan lainnya dan masyarakat untuk memperoleh tingkat kesehatan yang lebih tinggi dari individu, keluarga dan masyarakat.

5. Pradley (1985), Logan dan Dawkin (1987)
Menurut Pradley, Logan dan Dawkin, keperawatan komunitas adalah pelayanan keperawatan profesional yang ditujuka kepada masyarakat dengan penekanan pada kelompok risiko tinggi, dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal melalui pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan, serta menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dengan melibatkan klien sebagai mitra dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelayanan keperawatan.

6. Rapat Kerja Keperawatan Kesehatan Masyarakat (1990)
Dalam Rapat Kerja Keperawatan Kesehatan Masyarakat, mendefinisikan keperawatan komunitas sebagai suatu bidang keperawatan yang merupakan perpaduan antara keperawatan dan kesehatan masyarakat (public health) dengan dukungan dan peran serta masyarakat secara aktif yang mengutamakan pelayanan promotif dan preventif secara berkesinambungan tanpa mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif secara menyeluruh dan terpadu yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat sebagai kesatuan utuh melalui proses keperawatan (nursing process) untuk meningkatkan fungsi kehidupan wanita secara optimal sehingga mampu mandiri dalam upaya kesehatan.

7. Winslow (1920)
Winslow adalah seorang ahli atau tokoh kesehatan masyarakat (public health) yang membuat batasan yang masih relevan sampai saat ini, yaitu kesehatan masyarakat (public health) adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, serta meningkatkan efisiensi hidup melalui upaya atau usaha-usaha pengorganisasian masyarakat untuk:
a. Kelompok-kelompok masyarakat yang terkoordinasi;
b. Perbaikan kesehatan lingkungan;
c. Mencegah dan memberantas penyakit menular;
d. Memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat atau perseorangan;
e. Dilaksanakan dengan mengoordinasikan tenaga kesehatan dalam satu wadah pelayanan kesehatan masyarakat yang mampu menumbuhkan swadaya masyarakat untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara optimal.

Demikianlah Definisi Komunitasdan Kesehatan Komunitas, semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 6:49 PM

1 comments:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free