Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat

Posted by


Keperawatan Kesehatan Masyarakat – Perawatan kesehatan adalah suatu lapangan khusus di bidang kesehatan, keterampilan hubungan antarmanusia, dan keterampilan organisasi diterapkan dalam hubungan yang serasi pada anggota profesi kesehatan lain dan tenaga sosial untuk memelihara kesehatan masyarakat.
Lihat juga Definisi Komunitas dan Keperawatan Komunitas.



Perawatan kesehatan masyarakat ditujukan kepada individu, keluarga dan kelompok melalui upaya peningkatan kesehatan, pemeliharaan kesehatan, penyuluhan kesehatan, koordinasi dan pelayanan keperawatan berkelanjutan sebagai suatu pendekatan yang komprehensif. Selain itu, komunitas juga dipandang sebagai target pelayanan kesehatan yang bertujuan mencapai kesehatan komunitas sebagai suatu peningkatan kesehatan dan kerja sama sebagai suatu mekanisme untuk mempermudah pencapaian tujuan dengan melibatkan masyarakat secara aktif.

Pelaksanaan keperawatan kesehatan masyarakat diupayakan dekat dengan masyarakat, sehingga strategi pelayanan kesehatan utama dapat benar-benar diterapkan. Artinya, upaya pelayanan atau asuhan yang diberikan merupakan upaya yang penting atau sangat dibutuhkan komunitas dan secara universal upaya tersebut mudah dijangkau. Denga demikian, dalam keperawatan komunitas penggunaan teknologi tepat guna sangat ditekankan. Wujud aplikasi kegiatan nyata adalah seorang perawat komunitas mampu melakukan rangsangan atau memotivasi masyarakat di wilayah binaannya dengan memilih alat edukatif sederhana yang tersedia di wilayah tersebut.

Peran serta komunitas diartikan sebagai suatu proses dimana individu, keluarga, dan kelompok bertanggung jawab atas kesehatannya sendiri dengan berperan sebagai pelaku kegiatan dalam upaya peningkatan kesehatan berdasarkan asas kebersamaan dan kemandirian. Batuan diberikan karena adanya ketidakmampuan, ketidaktahuan dan ketidakmauan dengan menggunakan potensi lingkungan untuk memandirikan masyarakat, sehingga pengembangan wilayah setempat (locality development) merupakan bentuk pengorganisasian yang tepat digunakan. Dalam praktik keperawatan komunitas, pendekatan ilmiah yang digunakan adalah proses keperawatan komunitas yang terdiri atas empat tahap, yaitu: pengkajian (assessment), perencanaan (planning), pelaksanaan (implementation) dan evaluasi (evaluating). Intervensi keperawatan tersebut harus dapat dilakukan oleh perawat secara mandiri, maupun dengan berkolaborasi dengan tim kesehatan lain melalui lintas program dan lintas sektoral.

Namun, kenyataannya semua tenaga keperawatan komunitas belum mampu memberikan pelayanan sesuai konsep, hal ini mungkin disebabkan karena pemahaman yang belum sama mengenai konsep dasar dan perannya dalam keperawatan komunitas. Semoga ke depan, tenaga keperawatan komunitas dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan mari kita dukung mereka untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. 

Demikian tulisan mengenai Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat yang kami ambil dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:56 PM

0 comments:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free