Ciri-ciri Umum Sistem Politik

Posted by


Ciri umum sistem politik - Saat ini, sistem politik telah diterapkan dalam skala negara, bahkan di skala yang lebih besar lagi dari negara, semisal di bidang internasional di mana sistem politik terdiri dari beberapa negara.
Lihat juga Pengertian Sistem dan Sistem Politik Menurut Para Ahli




Menurut Almond, baik sistem politik modern maupun sistem politik primitif, memiliki sifat dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1. Semua sistem politik termasuk yang paling sederhana memiliki kebudayaan politik. Dalam pengertia bahwa masyarakat yang paling sederhana pun mempunyai tipe struktur politik yang terdapat dalam masyarakat yang paling kompleks sekalipun. Tipe-tipe tersebut dapat diperbandingkan satu sama lain sesuai dengan tingkatan dan bentuk pembidangan kerja yang teratur.
2. Semua sistem politik, baik modern maupun primitif menjalankan fungsi-fungsi yang sama walaupun tingkatannya berbeda-beda yang ditimbulkan karena perbedaan struktur. Hal ini dapat diperbandingkan, yaitu bagaimana fungsi-fungsi itu tadi sering dilaksanakan atau tidak dan bagaimana gaya pelaksanaannya.
3. Semua struktur politik biar bagaimanapun juga dispesialisasikannya baik pada masyarakat yang primitif maupun yang modern melaksanakan banyak fungsi. Oleh karena itu sistem politik dapat memperbandingkan sesuai dengan tingkat kekhususan tugas.
4. Semua sistem politik adalah sistem campuran dalam pengertian kebudayaan. Secara rasional tidak ada struktur dan kebudayaa yang semuanya modern atau semuanya primitif melainkan dalam pengertian tradisional, semuanya adalah campuran antara unsur modern dan tradisional.


Sementara itu, secara umum ciri-ciri sistem politik antara lain:
1. Memiliki tujuan.
2. Mempunyai komponen-komponen.
3. Tiap komponen memiliki fungsi-fungsi yang berbeda.
4. Adanya interaksi antara komponen satu dengan yang lainnya.
5. Adanya mekanisme kerja (pengaturan struktur kerja dalam sistem politik).
6. Adanya kekuasaan, kekuasaan untuk mengatur komponen dalam sistem atau di luar sistem. Tiap komponen memiliki kekuasaan, namun tingkatannya berbeda-beda.
7. Adanya kebudayaan politik (terdapat prinsip-prinsip dan pemikiran) sebagai tolok ukur dalam pengembangan sistem tersebut.

Mungkin, hanya itu dulu yang hanya bisa kami tampilkan mengenai Ciri-ciri Umum Sistem politik.
Semoga bermanfaat...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:49 AM

1 comments:

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free