Faktor-faktor dan Hal-hal yang Mempengaruhi Kebutuhan

Posted by


Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan - Manusia merupakan makhluk individual yang berbeda satu sama lain, sehingga mengakibatkan kebutuhannya juga berbeda. Selain karena terbatasnya alat pemuas kebutuhan dan ketidakterbatasnya kebutuhan, manusia akan selalu mengalami kemunculan kebutuhan yang baru setiap kebutuhan yang satu terpenuhi. Namun, kemunculan kebutuhan manusia yang berbeda-beda dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Perbedaan kebutuhan setiap manusia dipengaruhi oleh beberapa hal atau faktor, antara lain:


a. Keadan Alam (Tempat)
Keadaan alam atau tempat dimana seseorang berada, mengakibatkan perbedaan kebutuhan antara satu dengan yang lain. Orang yang tinggal di tempat yang dingin seperti di kutub membutuhkan pakaian tebal untuk menjaga tubuhnya tetap hangat; sementara orang yang tinggal di tempat yang panas seperti di gurun pasir, hanya membutuhkan pakaian yang tipis. Oleh karena itu, keadaan alam dapat mendorong seseorang untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan.


b. Peradaban
Makin tinggi peradaban suatu masyarakat, maka semakin banyak serta semakin tinggi kualitas atau mutu barang yang dibutuhkan. Peradaban manusia pada masa primitif cenderung dalam tahap mengembangkan diri, dimana kebutuhan pada masa itu relatif masih sedikit. Kebutuhan manusia pada masa primitif hanya berupa kebutuhan primer, dan itupun didapatkan dengan cara yang sederhana. Manusia pada masa primitif dalam memenuhi kebutuhan primer, misalnya makanan, mereka tinggal memungutnya di hutan (food gathering).


c. Agama
Setiap agama yang berbeda-beda yang di anut seseorang mengakibatkan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya, agama Islam melarang umatnya mengkonsumsi daging babi, khamr (alkohol) dan makanan haram lainnya, sementara agama Hindu melarang umatnya mengkonsumsi daging sapi. Ada juga waktu-waktu tertentu bagi suatu agama dalam menjalankan ibadahnya yang mengakibatkan kebutuha yang berbeda diwaktu lainnya. Contoh pada bulan ramadhan atau bulan puasa bagi para pemeluk Islam yang memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada siang harinya selama sebulan. Selanjutnya, masing-masing agama juga memerlukan alat-alat tertentu yang harus dipakai dalam menjalankan ibadah. Hal tersebut akhirnya mendorong tiap-tiap agama mencari barang-barang yang diperlukan dalam melakukan kegiatan agamanya.


d. Adat-istiadat
Kebutuhan suatu masyarakat juga dipengaruhi oleh adat atau tradisi suatu masyarakat. Suatu adat atau tradisi akan membentuk pola tingkah laku maupun tujuan hidup kelompok masyarakat yang bersangkutan, sehingga timbul perbedaan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan suatu kelompok masyarakat untuk mencapai tujuannya masing-masing. Sebagai contoh, upacara pemakaman dan perkawinan berbeda-beda di setiap daerah. Perbedaan kebutuhan yag dilatarbelakangi adat istiadat ini akhirnya tidak hanya menyangkut kegiatan formal dalam masyarakat, namun masuk dalam kebutuhan hidup sehari-hari.


e. Umur atau Usia
Makin tinggi usia seseorang, maka kebutuhannya juga akan semakin kompleks dan beragam. kebutuhan bayi, sangat berbeda dengan kebutuhan para remaja. Demikian juga kebutuhan orang yang sudah dewasa hingga orang tua, masing-masing memiliki kebutuhannya masing-masing sesuai umur atau usianya. Tidak mungkin seorang bayi membutuhkan tongkat untuk berjalan, pun demikian orang tua yang sudah renta tidak mungkin membutuhkan sebuah bola atau sepeda.


f. Status Sosial dan Status Ekonomi
Seseorang yang memiliki status sosial yang tinggi semisal sebagai pejabat, akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan mereka yang menyandang sebagai pedagang kaki lima. Orang-orang yang berpendapatan besar hingga miliaran juga memiliki kebutuhan yang tidak sama dengan mereka yang tidak memiliki penghasilan. Seorang pejabat akan merasa gengsi makan tempe mendoan atau nasi kucing di warung-warung pinggir jalan. Sementara mereka yang tidak berpenghasilan atau memiliki penghasilan yang sedikit, tidak mampu membeti steak, pizza, dan makanan berkelas nan mahal di restoran mewah.

g. Hobi dan Kegemaran
Semakin beragam hobi yang dimiliki manusia, mengakibatkan semakin banyak dan beragam pula yang dibutuhkannya. Bagi mereka yang hobi memancing, akan membutuhkan perlengkapan memancing seperti kail (baik tradisional maupun modern), pakaian memancing dan sebagainya. Mereka akan kikuk jika diberi parasut, karena tidak mungkin memancing ikan dengan parasut.


h. Jenis Profesi atau Pekerjaan
Terakhir yang perlu diperhatikan yang dapat mempengaruhi kebutuhan adalah jenis profesi atau pekerjaan. Akan sangat berbeda, barang yang dibutuhkan antara petani, nelayan, akuntan, guru, sopir, dan lain-lain. Coba kalian bayangkan ada orang yang bekerja di kantor selalu membawa cangkul, atau orang ke sawah untuk mencangkul dengan memakai baju jas kantor lengkap dengan dasi dan celana hitam serta sepatu pantopelnya. Oleh sebab itu, apapun profesi seseorang, mereka membutuhkan barang yang menunjang pekerjaan mereka. (Baca juga: Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkannya)



Demikian faktor-faktor dan hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan manusia yang mudah-mudahan bisa membantu kalian dalam mencari referensi. Dukung kami agar bisa membantu saudara-saudara yang lain yang ingin mencari referensi dengan klik dan baca di sini.

Terimakasih...





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:57 PM

2 comments:

  1. Boleh tau referensi yang digunakan dalam bacaan tersebut...???
    Butuh buat skripsi...

    ReplyDelete

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free