Kegunaan Benda Pemuas Kebutuhan

Posted by


Kegunaan Benda Pemuas Kebutuhan - Dalam pembahasan sebelumnya mengenai Pengertian dan Macam-macam Benda Pemuas Kebutuhan, telah didefinisikan bahwa benda pemuas kebutuhan merupakan segala sesuatu (baik barang maupun jasa) yang dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan manusia. 




Sehubungan dengan usaha manusia dalam meningkatkan kegunaan suatu benda pemuas kebutuhan, kegunaan benda ini dapat dibedakan menjadi 4, antara lain:


1. Kegunaan Bentuk
Kegunaan bentuk disebut juga sebagai form utility. Kegunaan bentuk menunjuk pada pertambahan kegunaan yang terkandung dalam suatu benda pemuas kebutuhan akibat perubahan bentuknya. Sebagai contoh, kegunaan kayu menjadi bertambah setelah dibentuk menjadi meja, kursi, atau lemari. Demikian juga, getah latex akan bertambah kegunaannya setelah dibentuk menjadi ban, bola atau alas kursi.

2. Kegunaan Tempat
Kegunaan tempat disebut juga sebagai place utility. Kegunaan tempat menunjuk pada pertambahan kegunaan yang terkandung dalam suatu benda pemuas kebutuhan akibat dipindahkan ke tempat lain. Misalnya, panen padi di pulau jawa yang melimpah ruah mengakibatkan beras tersedia melebihi keperluan di daerah tersebut sehingga kemungkinan besar akan cukup banyak beras terbuang percuma. Namun jika kelebihan beras tersebut di angkut ke daerah lain yang mengalami kekurangan beras maka kegunaan beras tersebut akan bertambah.

3. Kegunaan Waktu
Kegunaan waktu disebut juga sebagai time utility. Kegunaan waktu menunjuk pada pertambahan kegunaan yang terkandung dalam suatu benda pemuas kebutuhan menurut waktu, yaitu ditentukan oleh waktu saat benda pemuas kebutuhan tersebut digunakan. Misalnya, payung sangat bermanfaat di musim penghujan. Kegunaan waktu dapat diartikan sebagai penghematan waktu untuk memperoleh barang atau pelayanan.

4. Kegunaan Pemilikan
Kegunaan pemilikan disebut juga sebagai ownership utility. Kegunaan pemilikan menunjuk pada pertambahan kegunaan yang terkandung dalam suatu benda pemuas kebutuhan apabila benda atau barang tersebut telah menjadi milik dengan kata lain, kegunaan suatu benda pemuas kebutuhan muncul akibat dimiliki. Misalnya, tanah atau ladang yang kosong dan terbengkalai akan menjadi berguna jika tanah tersebut dimiliki untuk dibangun sebuah rumah diatasnya atau ditanami dengan buah-buahan atau sayur-sayuran. Cangkul ketika masih berada di toko atau di pasar kurang kegunaannya, namun jika dimiliki petani dan digunakan akan bertambah kegunaannya.


Demikian tulisan mengenai Kegunaan Benda Pemuas Kebutuhan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Baca juga tulisan atau artikel lainnya ya...
Terimakasih.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:02 AM

0 comments:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free