Peran Epidemiologi Gizi Dalam Penyusunan Rekomendasi Gizi

Posted by


Peran Epidemiologi Gizi - Landasan paling baik tentang rekomendasi bagaimana orang harus makan untuk tetap sehat adalah pemahaman seberapa sehat orang tersebut makan. Untuk inilah epidemiologi memainkan perannya. Lihat Gizi Manusia dan Epidemiologi Gizi.




Era modern pedoman gizi dimulai pada awal abad ke-20 melalui kampanye penghapusan penyakit akibat kekurangan vitamin A. Kampanye ini mencakup peningkatan keragaman diet, terutama dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Kampanye ini didasarkan pada pengamatan ahli epidemiologi gizi yang mengikuti serangkaian pengamatan ekologis ke penelitian kasus-kontrol, kemudian melakukan penelitian intervensi untuk mengkonfirmasi kaitan antara pilihan pangan dengan gangguan akibat kekurangan vitamin A (Byers, 1999).

Rekomendasi umum untuk asupan zat gizi diformalkan pada tahun 1943 dengan angka kecukupan zat gizi (recomended dietary allowance) yang pertama – rekomendasi ini juga menjadi acuan bagi penyusunan angka kecukupan gizi di Indonesia. Hal ini didasarkan terutama pada kajian klinis dan eksperimental dari keadaan kurang gizi. Lihat Perkembangan Epidemiologi Gizi.

Saat ini, kajian ilmiah yang digunakan dalam melahirkan angka kecukupan gizi dikelompokkan oleh Food and Nutrition Board dari National Research Council (NRC, 1989) menjadi enam jenis, atara lain:
1. Penelitian pada subjek yang dipertahankan pada diet rendah zat gizi.
2. Penelitian keseimbangan yang mengukur status zat gizi dalam kaitannya dengan asupan.
3. Pengukuran biokimia terhadap kejenuhan jaringan atau kecukupan fungsi molekular dalam kaitannya dengan asupan zat gizi.
4. Asupan zat gizi pada bayi yang disusui penuh dan pada orang yang tampak sehat sehubungan dengan asupan pangannya.
5. Pengamatan epidemiologis status zat gizi pada populasi dalam kaitannya dengan asupan.
6. Ekstrapolasi data dari eksperimen pada hewan (dalam beberapa kasus).

Demikian Peran Epidemiologi Gizi Dalam Penyusunan Rekomendasi Gizi. Semoga bermanfaat.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:08 AM

1 comments:

  1. Avoid waiting to become widely known at this time. Buy Facebook Followers as a strategy to gain fame and authority on internet in a small span. paid facebook followers

    ReplyDelete

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free