Kebutuhan Menurut Subjek yang Membutuhkannya

Posted by


Kebutuhan menurut subjek - Tolak ukur kebutuhan menurut subjek yang membutuhkannya adalah berhubungan dengan kuantitas atau jumlah orang yang membutuhkanya. Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkannya diklasifikasikan menjadi dua, yaitu kebutuhan individual (pribadi) dan kebutuhan kolektif (umum).




Berikut kebutuhan menurut subjek yang membutuhkannya:


a. Kebutuhan Individual
Kebutuhan individual merupakan kebutuhan yang diperlukan dan mencakup hal-hal yang diperuntukkan bagi perseorangan (individu). Kebutuhan individual menunjuk pada kebutuhan masing-masing orang. Kebutuhan individual berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Misal, petani membutuhkan cangkul, pupuk dan alat-alat pertanian; seorang guru membutuhka kapur tulis, alat tulis dan buku pelajaran; sedangkan seorang akuntan membutuhkan alat tulis, kalkulator, komputer dan sebagainya.


b. Kebutuhan Kolektif
Kebutuhan kolektif merupakan kebutuhan yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Pemenuhan kebutuhan kolektif tidak dinikmati oleh satu individu saja, melainkan dinikmati juga oleh individu-individu lainnya dalam sebuah kelompok, masyarakat atau dalam sebuah negara. Misalnya, rumah sakit digunakan sebagai tempat orang untuk berobat dan mengobati penyakitnya, pasar sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam rangka kegiatan jual beli, taman umum digunakan oleh semua orang untuk rekreasi atau berolah raga pada pagi hari, jembatan penyeberangan digunakan oleh semua orang yang akan menyeberangi jalan, dan lain-lain. Barang dan jasa tersebut merupakan kebutuhan kolektif yang disediakan untuk memudahkan masyarakat melaksanakan kegiatan ekonomi, sosial atau kegiatan sehari-hari lainnya.


Kesimpulan:

Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkannya menggunakan tolok ukur kuantitas atau jumlah yang membutuhkannya.

Kebutuhan menurut subjek terdiri dari kebutuhan individual dan kebutuhan kolektis.





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 9:29 PM

3 comments:

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free