Mengenal Bidang Studi Ilmu Ekonomi

Posted by


Bidang Studi Ilmu Ekonomi - Berbicara mengenai Ilmu Ekonomi, maka kita membicarakan suatu bidang studi yang sudah cukup lama berkembang. Perkembangan Ilmu Ekonomi bermula setelah seorang pemikir dan juga ahli ekonomi yang berasal dari Inggris bernama Adam Smith menerbitkan sebuah buku berjudul “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations” pada tahun 1776. Sejak saat itu, pandangan-pandangan Adam Smith yang tertuang dalam buku tersebut masih mendapat perhatian dalam pemikiran para ahli ekonomi hingga masa kini. Oleh sebab itulah, Adam Smith dikenal sebagai “Bapak Ilmu Ekonomi”.




Pemikiran-pemikiran mengenai persoalan-persoalan ekonomi yang dihadapi oleh suatu negara sebenarnya sudah banyak muncul sebelum era Adam Smith. Namun, tulisan-tulisan tersebut tidak dikemukakan secara sistematik, dikarenakan masih terbatasnya topik-topik yang dibahas serta belum ada analisis yang menyeluruh tentang berbagai aspek kegiatan perekonomian dalam suatu masyarakat. Keterbatasan-keterbatasan tersebut menyebabkan pemikiran-pemikiran ekonomi saat itu masih belum dapat dipandang sebagai salah satu cabang ilmu yang berdiri sendiri.

Dunia telah mengalami kemajuan dan menjadi sangat berkembang, dua abad setelah zaman Adam Smith. Revolusi Industri baru saja akan dimulai pada masa Adam Smith, sementara saat ini kegiatan industri sudah sangat canggih dan teknologi yang digunakan juga sudah sangat berbeda. Selain itu, organisasi perusahaan sangat jauh lebih kompleks dan sistem kegiatan produksi sudah jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan masa Adam Smith. Perekonomian negara juga memiliki corak kegiatan yang sangat berbeda secara keseluruhan, dimana pemikiran-pemikiran ekonomi sejak penerbitan buku Adam Smith dipengaruhi oleh pertumbuhan dan modernisasi kegiatan ekonomi di berbagai negara.

Pada masa sekarang ini, berbagai analisis dalam Ilmu Ekonomi telah menjadi kompleks dan memberi gambaran yang lebih lengkap mengenai kegiatan suatu perekonomian. Secara garis besar, analisis utama dalam Ilmu Ekonomi dapat dibedaka menjadi dua bentuk, yaitu Teori Mikroekonomi dan Teori Makroekonomi. Terdapat empat aspek yang memiliki hubungan erat dengan metodologi dalam analisis ekonomi, antara lain sebagai berikut:
1     Masalah pokok ekonomi yang dihadapi setiap masyarakat, yaitu masalah kelangkaan atau kekurangan. 
2    Jenis-jenis analisis ekonomi.
3    Ciri-ciri utama suatu teori ekonomi dan kegunaan teori ekonomi.
4    Bentuk-bentuk analisis yang digunakan ahli-ahli ekonomi dalam menerangkan teori ekonomi dan menganalisis berbagai peristiwa dalam suatu perekonomian.

Demikian pembahasan mengenai Bidang Studi Ilmu Ekonomi. Bagi kalian yang ingin mempelajari Teori Pengantar: Ekonomi Mikro terutama Bab I secara berurutan, berikut urutan yang bisa kalian pelajari secara bertahap:
1.      Masalah Ekonomi dan Kebutuhan untuk Membuat Pilihan.
2.      Definisi Ilmu Ekonomi menurut Para Ahli.
3.      Jenis-jenis Analisis Ekonomi.
4.      Pernyataan Positif dan Pernyataan Normatif.
5.      Sifat-sifat Teori Ekonomi.
6.      Alat-alat Analisis dalam Ilmu Ekonomi.
7.      Peranan Ahli Ekonomi dalam Kebijakan Ekonomi.
8.      Mikroekonomi dan Makroekonomi.
(Tulisan menyusul)

Semoga bermanfaat…


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:31 PM

1 comments:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Translate

Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.

Blogroll

About

Ping your blog, website, or RSS feed for Free